OPS: Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat. Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

a. Adanya keinginan mencari kekayaan (gold)
Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Sekitar abad XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

b. Adanya keinginan menyebarkan agama (gospel)
Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi  khusus.  Misi  khusus  tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas  mereka  ini  dianggap  sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.

 bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra OPS: Peristiwa Kedatangan Bangsa Baratc. Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)
Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory). Dengan adanya anggapan ini, negara-negara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya.

d. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Contohnya seperti berikut.

1) Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang dapat digunakan untuk mengarungi samudra luas.

2) Ditemukannya  mesiu  untuk persenjataan. Senjata dapat digunakan untuk melindungi pelayaran dari ancaman bajak laut dan sebagainya.

3) Ditemukannya kompas. Kompas digunakan sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk menentukan arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga jika angkasa tertutup awan, mereka tidak dapat meneruskan pelayarannya. Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah mana pun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.

Isilah kolom berikut sesuai dengan pertanyaan!
1. Siapakah yang dimaksud dengan bangsa Barat? Bangsa Eropa
2. Apa faktor yang melatar belakangi bangsa Barat melakukan penjajahan di Indonesia? Karena keinginan mencari kekayaan (gold), menyebarkan agama (gospel), mencari kejayaan (glory).
3. Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudera?  Mulai akhir abad XV
4. Dimana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia ? Bangsa Portugis di Malaka
5. Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudera?
6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?

Ulasan Teks
Judul : Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarik : Semboyan 3 G (gold, gospel dan glory)
Informasi penting : Dikembangkannya teknik pembuatan kapal, Ditemukannya  mesiu  untuk persenjataan, danDitemukannya kompas
Pendapat saya tentang teks ini : Teks ini memberikan gambaran tentang penjajahan bangsa Barat terhadap bangsa Indonesia
Saya menyarankan teks ini karena : sangat bermanfaat karena memberikan informasi tentang awal mulanya kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia.

Tugas kelompok tentang Kedatangan Bangsa Barat
Bangsa : Portugis
Tahun kedatangan :  tahun 1511
Tujuan : Gospel, yaitu tugas suci menyebarkan agama Nasrani
Peristiwa yang terjadi : Dibawah pimpinan Alfonso d' Albuquerque, ia bersama armadanya berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511. Selanjutnya, pada tahun 1512 Portugis sudah berhasil menguasai Ternate, yaitu dengan mengadakan perjanjian dengan Kerajaan Ternate.
Reaksi masyarakat: Pada mulanya kedatangan Bangsa Portugis diterima dengan baik, namun lama kelamaan ditentang karena ingin menguasai tanah Indonesia seperti perlawanan kerajaan Aceh. Diaceh Portugis tidak berdaya karena kerajaan Aceh sangat kuat.

Bangsa : Spanyol
Tahun kedatangan : tahun 1521
Tujuan : Mencari rempah-rempah, memperluas kekuasaan dan menyebar agama

Peristiwa yang terjadi :  Daerah yang dikuasai Bangsa Spanyol adalah Filiphina kepulauan Massava dan Indonesia kepulauan Maluku
Reaksi masyarakat :
memaksa penduduk lokal menjual produk kepada mereka, mencampuri urusan domestik kerajaan lokal hingga merendahkan mereka, Hal inilah yang membuat bangsa Indonesia mulai berontak dan berusaha mengusir keberadaan mereka di nusantara.

Bangsa : Belanda
Tahun kedatangan : tahun 1596
Tujuan : Mencari rempah-rempah, mencari kekayaan dan menyebarkan agama
Peristiwa yang terjadi : Bangsa belanda berhasil mengadu domba, memonopoli perdagangan sekaligus menjajah dan merampas harta kekayaan alam bangsa Indonesia.
Reaksi masyarakat : Belanda datang ke Indonesia untuk menjajah dan mengadu domba, bangsa Indonesia jelas-jelas menentangnya dan memberikan perlawanan dengan terciptanya perlawanan Kapiten Pattimura, Tuanku Imam Bonjol, perang Diponogoro dan lain-lain.

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia adalah semboyan 3G (gold, gospel, glory). Tuliskan kembali arti semboyan 3G !!
Gold : Adanya keinginan mencari kekayaan
Gospel : Adanya keinginan menyebarkan agama
Glory : Adanya keinginan mencari kejayaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OPS: Sistem Tanam Paksa Pemerintah Kolonial Belanda

OPS: Mengenal Tangga Nada Diatonis Mayor dan Diatonis Minor

OPS: Tangga Nada Diatonis Mayor