OPS: Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan. Banyak peristiwa dalam kehidupan. Ada peristiwa pribadi, peristiwa keluarga, peristiwa masyarakat, bahkan ada juga peristiwa yang dialami oleh bangsa dan negara.

Peristiwa  dapat  dibedakan  menjadi  dua  macam.  Pertama,  peristiwa  yang menyenangkan (peristiwa yang membuat kita senang). Kedua, peristiwa yang tidak menyenangkan (peristiwa yang membuat kita sedih).

Amati gambar-gambar berikut! Berikan tanda centang ( ) pada peristiwa menyenangkan. Berikan tanda silang (X) pada peristiwa tidak menyenangkan.


 bahkan ada juga peristiwa yang dialami oleh bangsa dan negara OPS: Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan


Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah-rempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?    
Karena ingin merebut dan memiliki rempah-rempah indonesia

2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?   
Sangat mahal, seperti mahalnya harga emas.

3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
Penjajah ingin mengambil rempah-rempah indonesia untuk dibawa ke negaranya

Bersama ayahnya, Beni berkunjung ke kebun cengkih milik Pak Rudi. Kebun cengkih  Pak  Rudi  sangat luas.  Pohon cengkihnya pun  banyak  dan  tumbuh subur. Sebagian besar pohon cengkih di kebun itu sudah memasuki masa panen.

Tahukah kamu hubungan antara cengkih dan penjajahan yang dialami oleh bangsa kita?

Cengkih memiliki banyak manfaat. Sebagai bumbu masak, cengkih digunakan dalam bentuk bunga utuh atau dalam bentuk bubuk. Cengkih juga  dimanfaatkan  oleh bangsa China dan Jepang sebagai dupa. Selain itu, minyak cengkih digunakan sebagai aroma terapi dan obat sakit gigi.

Pohon cengkih  banyak  manfaatnya sehingga menjadikannya bernilai ekonomis tinggi. Oleh karena itulah, cengkih merupakan salah satu bahan rempah-rempah yang menjadi buruan bangsa-bangsa Eropa. Hal itu memicu terjadinya penjajahan di Indonesia.

Bangsa kita mengalami  penjajahan cukup lama.   Selama masa penjajahan, bangsa kita mengalami penderitaan akibat adanya penindasan.

Pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, datanglah orang-orang  Eropa  yang  mengadakan  pelayaran  samudra.  Kedatangan  orangorang Eropa di Nusantara mula-mula disambut baik oleh bangsa Indonesia. Namun,  ketika orang-orang Eropa itu berusaha menguasai Nusantara, mereka mendapat reaksi keras berupa perlawanan-perlawanan di berbagai daerah.

Lalu, apa sebenarnya yang melatar belakangi bangsa-bangsa Eropa tersebut datang ke Indonesia dan akhirnya menjajah bangsa Indonesia?

Ayo, kita cari tahu faktor-faktor  yang melatarbelakangi kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia! Silahkan baca ..!! Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OPS: Sistem Tanam Paksa Pemerintah Kolonial Belanda

OPS: Mengenal Tangga Nada Diatonis Mayor dan Diatonis Minor

OPS: Tangga Nada Diatonis Mayor